Agustus 14, 2009

SSD P128, 'Mainan' Baru Corsair


Trisno Heriyanto - detikinet
Jakarta - Corsair, selama ini memang rajin mengeluarkan varian produk untuk memori dan power supply. Di ranah itu bahkan Corsair terbilang sebagai merek yang unggul dan bisa diandalkan.




Nah, trend Solid State Drive (SSD) yang belakangan mulai mucul, tampaknya membuat produsen asal Amerika ini ingin ikut meramaikannya dengan merilis beberapa varian SSD.

Corsair coba hadirkan beberapa varian SSD yang dibedakan berdasarkan kebutuhannya, yakni Performance Series, Extreme Series, dan Legacy Solid-State Drives. Kali ini detikINET mendapatkan seri P128 untuk dicicipi lebih lanjut.

Ringan dan Cukup Kencang

Corsair coba menawarkan sebuah SSD dengan beragam kapasitas, mulai dari 64GB hingga 256GB. Semuanya memiliki bobot yang cukup ringan yakni 77 gram.

Selain ringan, perangkat itu memiliki fitur lain seperti cache memory sebesar 128MB, desain ramping yang didominasi warna perak, dan performa yang cukup menjanjikan.

Kemampuan sebuah SSD memang tak luput dari peranan controller yang digunakan, dan dalam hal ini Corsair mempercayakan controller buatan Samsung. Corsair mengklaim produk ini memiliki kecepatan membaca hingga 220MB/s dan menulis hingga 180MB/s.

Untuk menguji kehandalannya detikINET menggunakan beberapa aplikasi seperti HD Tune dan HD Tach. Untuk kemampuan membaca misalnya, pada benchmark yang dilakukan SSD ini hanya menembus angka 196,6 MB/s dan 176,5MB/s untuk kemampuanya menulisnya.

Meski berbeda dari klaim, selisih kemampuan ini tidak akan terasa jika digunakan untuk aplikasi sehari-hari atau bermain game. Selisih itu pun terbilang hanya terpaut sedikit dibandingkan klaim penjualannya.

Satu hal yang disayangkan, SSD P128 milik Corsair ini menunjukkan gejala kurang stabil. Pada waktu pengujian terdapat penurunan transfer data yang cukup signifikan, hingga 113MB/s, ketika menulis. Meski hanya terjadi sejenak, penurunan itu cukup menimbulkan pertanyaan.

Tahan Lama

Pada situs resminya, produk ini dicantumkan memiliki Mean Time Before Failure (MTBF), alias masa pakai, hingga 100 tahun. Tentunya, hal itu sulit diukur kebenarannya.

Di sisi lain, Corsair berani memberikan garansi selama 2 tahun yang bersifat replacement (penggantian produk) jika ada kendala. Hal tersebut tentunya memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengguna yang memilih produk ini.

Corsair membandrol P128 dengan harga USD 405 untuk kapasitas 128 GB. Secara keseluruhan, performa Corsair P128 masih cukup bisa diandalkan untuk penggunaan sehari-hari. Jika saja produk ini menyertakan sebuah bracket --agar dapat digunakan pada drive 'tradisional' berukuran 3.5 inch-- tentunya akan makin manis untuk dipakai di PC desktop.


Kelebihan
+ Bobot Ringan
+ Kapasitas Cukup Besar
+ Tampilan yang bagus

Kekurangan
- Ada gejala kurang stabil
- Selisih performa dengan yang dijanjikan


Hasil Benchmark:

HD Tune:
Average read: 191,2 MB/s
Average Write: 155,4 MB/s

HD Tach:
Average Read: 192,6 MB/s

Dalam menguji produk ini, detikINET menggunakan testbed yang berbasis Prosesor Intel Core i7 965, Intel DX580SO, Digital Alliance (DA) GTX 260, Corsair HX1000W, Corsair Dominator 6GB kit. ( eno / wsh )

Comments :

0 komentar to “SSD P128, 'Mainan' Baru Corsair”

Posting Komentar

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by RUKMONO